Minggu, 17 April 2016

EKSTRAKURIKULER TATA BOGA SMANESKA

SMANESKA TOP NEWS
EKSTRAKURIKULER TATA BOGA DAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN SERTA KEWIRAUSAHAAN DI SMANESKA BERJALAN BAIK
EKSTRAKURIKULER TATA BOGA di SMAN 1 KARANGAN 








Berlangsung pada hari Jum'at sore, yang dibimbing oleh Bunda Teguh Rahayu dan Bunda Sri Rahayu dan diikuti oleh Siswi-Siswi kelas X dan XII yang menukai tata boga. Setiap pertemuan selalu ada menu atau resep makanan/kue/minuman baru yang dipraktekkan.
Salah satu tujuan dari Eskul Tata Boga dan mata pelajaran keterampilan adalah agar siswa memiliki sikap profesional dan kewirausahaan. Begitu juga dalam ruang lingkup mata pelajaran keterampilan salah satunya mencakup aspek kewirausahaan. Mengacu pada ketentuan yanga ada, maka aspek kewirausahaan untuk jenjang pendidikan menengah perlu lebih diperdalam cakupannya sesuai dengan tuntutan kompetensinya.
Jika mengacu pada pengertian kewirausahaan maka kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan juga merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif, berdaya cipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya.
Guna mewujudkan Visi dan Misi sekolah serta tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, maka pembelajaran ketrampilan dan wirausaha di SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK juga terus meningkatkan model pembelajarannya. Pengembangan model Pendidikan Ketrampilan dan Kewirausahaan yang diterapkan di SMANESKA terus dikembangkan sesuai dengan era globalisasi dan perkembangan dunia usaha/dunia industri (DUDI).
Pelaksanaan pendidikan ketrampilan dan kewirausahaan dapat diintegrasikan ke berbagai mata pelajaran dengan penekanan pada nilai-nilai kewirausahaan, memperdalam cakupan materi mata pelajaran keterampilan yang sudah ada dalam Struktur Program Kurikulum, maupun mata pelajaran muatan lokal.
Di SMANESKA sudah sejak lama ada pembelajaran membatik, melukis, tata boga, kreasi dari bahan daur ulang, melukis di gerabah dan jilbab, menjahit, merangkai aksesoris, dan masih banyak lagi. Kemudian hasil karya dan kreasi Siswa-Siswi SMANESKA ini akan dijual kepada umum .
Adapun Guru/Pembimbing/Pembina Seni Rupa dan Ketrampilan terdiri dari Ibu Irin Murtiyanti, Ibu Oktia Dian Susanthi, Bunda Teguh Rahayu, Bunda Sri Rahayu, Bunda Menik Suratin, Bunda Yayuk, Ibu Pidu Pidut serta Ibu Bapak Guru lainnya .
"MAKARYA NGESTI KUCARANING SIWI, SMANESKA MAJU TERUS, MANTAP BERKARYA NYATA !!! ... AAMIIN."
Foto Dok : Siswi Eskul Tata Boga Smaneska
(Om Mujiono Leo/admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar